Menjadi "TA'MIR" Cerdas

Masjid di Indonesia sangatlah banyak sekali. akan tetapi sangatlah disayangkan masih miskin program pemakmuran untuk masjid itu sendiri. Adapun acara-acara yang dilaksanakan oleh para ta'mir tersebut hanyalah acara-acara seremonial yang kurang bisa dirasakan manfaatnya untuk masyarakat di sekitarnya. kebanyakan Ta'mir masjid mengalokasikan sebagian besar dananya untuk pembangunan dan pembangunan. jarang yang memvokuskan pada membangunan generasi unggul untuk masa depan masjid yang dikelolanya sekarang.
Oleh karena itu, sudah saatnyalah Ta'mir merubah pola pikirnya untuk menjadikan masjid sebagai center of islamic riset, yakni sebagai pusat pelatihan, pusat pendidikan dan pengkaderan, pusat pembangunan ekonomi masyarakat, serta pusat konsultasi berbagai problema masyarakat.
Ta'mir yang hanya menginginkan pembangunan fisik masjid saja akan menghancurkan arti dari Ta'mir itu sendiri, dikarenakan tamir bermakna sebagai pemakmur masjid dalam berbagai bidang, baik jasmani maupun ruhani.
jadikan Masjid kita masjid yang di ridhoi Allah dan rasul-Nya, yakni masjid yang didalamnya selalu diisi dengan kajian-kajian tentang keesaan Allah, dan berbagai macam hal yang bermanfaat lainnya.
Ingatlah pada zaman Rasul dimana ada masjid yang digunakan hanya untuk bermegah-megahan saja! itulah masjid Dhirar! masjid syetan yang dikutuk Rasul!
Para pelayan Allah di masjid manapun, bangkitkan rasa kepedulian kita akan memakmurkan masjid dengan cara-cara sebagai berikut:
  1. bangun pusat penelitian yang didalamnya terdapat buku-buku referensi ulama, internet, serta berbagai fasilitas yang bisa dibuat untuk mengeksplorasi keilmuan Islam.
  2. Buat kajian-kajian keislaman dengan berbagai tema dan dari berbagai audiens.
  3. buat lembaga keuangan umat setingkat BMT atau yang lainnya untuk membangun perekonomian Islam.
  4. datangkan para ustadz-ustadz yang betul-betul pakar akan keilmuan yang ditemakan dalam kajian.
  5. beri hadiah para jamaah yang aktif serta dukung perekonomian mereka sehingga mereka semakin bisa mencintai masjid dan lebih taat beribadah
  6. Libatkan seluruh elemen masyarakat baik itu anak-anak, remaja, maupun dewasa agar ketika mengadakan acara apapun kita bisa bersinergi dengan banyak pihak dan bebanpun berkurang.
  7. adakan even-even tadabur alam atau yang semisal agar jamaah bisa merasakan bahwa semangat kebersaaan jamaah masjid benar-benar ada.
  8. Dll (tuliskan ide-ide kreatif kalian..)
Semoga bermanfaat.
Salam Dahsyat!!

0 komentar:

Posting Komentar

midason creative product. Diberdayakan oleh Blogger.

Midason Website Translator

Sebarkan Kebaikan

Bila ada manfaat dalam tulisan di blog ini, silahkan share ke teman. Klik link di bawah (Share It). Thanks

IKRAR PERJUANGAN

Siapa yang banyak tertawa, wibawanya merosot. Siapa yang banyak bercanda, niscaya diremehkan. Siapa yang banyak bicara, banyak dustanya. Siapa yang banyak dustanya, Siapa yang sedikit malunya, tipis wara'nya. Siapa yang tipis wara'nya, mati hatinya. Mulailah sekarang juga untuk melangkah..... menuju tujuan Anda.... meskipun selangkah demi selangkah, tetapi akan membawa Anda ke tujuan... namun pastikan arah yang Anda tempuh benar... Pastikan Setiap Detik Hidup Anda Bertambah Ma'rifah. Baik Mengenal Allah (Ma'rifatullah), Rasulullah, Al-Islam, Al-Qur'an, Insan, Bisnis, Politik, Da'wah dan Jihad. Itulah Cara yang Sesungguhnya.

Jalan Menuju Surga

Jalan Menuju Surga
Ikutilah...!

About Me..!

Foto saya
Smart Muslim and Profesional !!!

midason program

midason program
Mari mendesain n berkreasi Secanggih mungkin untuk ketinggian Islam!!!

CONTACT PERSON

  • 085645848885

Followers

DATA PENGUNJUNG