Kewajiban kita pada Al-Qur'an

Telah banyak kita dengarkan bahwa Al-Quran adalah pegangan hidup kita, Al-Qur'an kitab suci umat Islam sedunia, Al-Qur'an mukjizat Nabi Muhammad Saw, Al-Qur'an kitab suci paling otentik di seluruh dunia, Al-Qur'an adalah kalam Allah Swt, dan lainnya...
Tapi apakah kita sudah betul-betul membredel Al-Qur'an dengan sempurna? Karena banyak sekali masyarakat muslim yang hanya menjadikan Al-Qur'an sebagai pajangan rumah, bacaan 'terpaksa' karena adanya acara khusus yang berhubungan dengan baca-membaca Qur'an.
Saudaraku, kewajiban akan kitab suci kita ada lima (5) tahap yang harus dipenuhi oleh setiap muslim, atau disingkat 5M:
  1. Mempelajari. Yakni dengan belajar tajwidnya, sejarahnya, adab-adabnya, serta aturan-aturan lain yang menyangkut tentang Qur'an.
  2. Membaca. Yakni pembacaan secara serius dan indah, baik dengan metode Tahqiq, Tartil, Tadwir, atau Hadr.
  3. Mentadabburi. Yakni merenungkan bacaan-bacaannya, membuka tafsir-tafsir yang terpercaya, hadits-hadits nabi, perkataan para salafus saleh, serta menanamkan dalam hati secara kuat sehingga menjadi sebuah kemauan kuat untuk diaplikasikan.
  4. Mengamalkan. Yakni melaksanakan seluruh perintah yang dituturkan Qur'an sebisa mungkin.
  5. Menjaganya. Yakni dengan cara menghafalkannya dan mencounter berbagai macam pemikiran yang merusak makna sesungguhnya dari Al-Qur'an tersebut.
Semoga kita tetap komitmen untuk selalu belajar, membaca, tadabur, mengamalkan, serta menjaga Al-Qur'an sehingga kita diharapkan bisa menjadi Generasi Qur'ani yang Profusional dunia serta Akhirat!
Wassalam!

0 komentar:

Posting Komentar

midason creative product. Diberdayakan oleh Blogger.

Midason Website Translator

Sebarkan Kebaikan

Bila ada manfaat dalam tulisan di blog ini, silahkan share ke teman. Klik link di bawah (Share It). Thanks

IKRAR PERJUANGAN

Siapa yang banyak tertawa, wibawanya merosot. Siapa yang banyak bercanda, niscaya diremehkan. Siapa yang banyak bicara, banyak dustanya. Siapa yang banyak dustanya, Siapa yang sedikit malunya, tipis wara'nya. Siapa yang tipis wara'nya, mati hatinya. Mulailah sekarang juga untuk melangkah..... menuju tujuan Anda.... meskipun selangkah demi selangkah, tetapi akan membawa Anda ke tujuan... namun pastikan arah yang Anda tempuh benar... Pastikan Setiap Detik Hidup Anda Bertambah Ma'rifah. Baik Mengenal Allah (Ma'rifatullah), Rasulullah, Al-Islam, Al-Qur'an, Insan, Bisnis, Politik, Da'wah dan Jihad. Itulah Cara yang Sesungguhnya.

Jalan Menuju Surga

Jalan Menuju Surga
Ikutilah...!

About Me..!

Foto saya
Smart Muslim and Profesional !!!

midason program

midason program
Mari mendesain n berkreasi Secanggih mungkin untuk ketinggian Islam!!!

CONTACT PERSON

  • 085645848885

Followers

DATA PENGUNJUNG