Banyak orang
yang ingin menjadi lebih efektif dan efisien. Bayangkan, Anda tentu ingin
menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mengerjakan hal-hal yang tidak Anda
sukai dan ingin lebih banyak waktu untuk kegiatan yang lebih
banyak menghasilkan kepuasan, kebahagiaan, dan profit. Beberapa
orang mampu mengefektifkan waktunya sehingga mereka memiliki lebih banyak waktu
untuk melakukan hal-hal yang mereka sukai. Berikut 8 teknik yang dilakukan
orang-orang efektif untuk mendapatkan kebebasan seperti itu:
1. Berhenti Multitasking
Banyak orang
yang membanggakan diri karena mereka mampu mengerjakan beberapa hal dalam satu
waktu (multitasking). Tapi sesungguhnya hanya sedikit yang dapat fokus
dalam 1 atau 2 tugas, terutama yang membutuhkan fokus dan detail. Mereka merasa
bangga bisa menyelesaikan banyak hal, padahal sebenarnya kualitas pekerjaan
mereka sangat rendah.
Orang yang
sangat efektif tahu bahwa konsentrasi yang minim distraksi akan membuat
kualitas kerja meningkat serta dapat selesai dalam waktu yang lebih singkat.
Orang yang tidak fokus juga membuat proses kerjanya tidak berjalan normal
sehingga akan lebih cenderung membuat kesalahan yang justru akan membuang waktu
dan energi lagi untuk memperbaikinya.
2. Delegasikan
Banyak orang
yang kehilangan produktifitas karena mengerjakan tugas lebih banyak daripada
yang dapat mereka capai. Jangan terinspirasi oleh CEO dan para pemimpin yang
memenuhi jadwal mereka yang bekerja siang malam. Orang-orang yang efektif
sangat ahli dalam mendelegasikan tugas pada orang lain yang mampu mengerjakannya
dengan lebih baik.
Begitu Anda
memiliki banyak tugas, pilih beberapa tugas yang paling sesuai dengan Anda,
lalu delegasikan sisanya.
3.
Berkomunikasi secara tepat
Komunikasi
yang buruk bisa sangat menghabiskan waktu. Orang yang efisien berhati-hati sebelum
melakukan komunikasi. Saat menelepon atau mengirim email, mereka menggunakan
kata-kata yang mudah dipahami, sopan, dan mengarah pada tujuan.
4. Rutin
Membuat Jadwal
Orang yang
efisien rutin membuat jadwal di kalender mereka, sehingga mereka lebih disiplin
dalam menjalankan tugas-tugas dan lebih siap jika ada acara penting. Semakin
Anda menguasai kalender Anda, semakin mudah untuk Anda mengatur jadwal jika ada
acara mendadak.
5.
Simpan Barang-Barang dengan Rapi.
Jika kita
adalah orang yang berantakan, akan banyak waktu yang dibutuhkan untuk mencari
barang saat diperlukan. Mencari kunci, pulpen, dan pakaian dapat menimbulkan
frustasi apalagi jika ada hal penting yang harus Anda lakukan atau harus pergi
ke acara penting.
Atur
penyimpanan pakaian, kertas, dan barang elektronik sedemikian rupa sehingga
Anda mudah mencarinya. Mungkin akan butuh waktu untuk menatanya, tapi kelak
akan menghemat banyak waktu saat Anda mencari benda-benda penting itu.
6.
Efektifkan waktu
Apakah Anda
pernah membandingkan seberapa banyak waktu yang Anda gunakan secara produktif
dengan waktu yang Anda buang begitu saja? Orang yang efisien mengatur waktu
untuk setiap tugas yang harus mereka kerjakan dan patuh pada jadwal.
Coba catat
waktu yang Anda habiskan untuk mengobrol atau beraktivitas dalam seminggu.
Kemudian pada minggu berikutnya, lakukan aktivitas yang sama dan output
yang sama namun dengan waktu yang lebih singkat. Anda akan takjub dengan
penghematan waktu yang bisa Anda lakukan.
7.
Istirahat
Orang yang
lelah atau terlalu banyak bekerja tidak akan perform dengan baik.
Orang-orang yang efisien memastikan bahwa mereka beristirahat dengan cukup
sehingga mereka dapat bekerja dengan performa terbaik meski pekerjaan
menumpuk.
8.
Buat Rencana Matang
Usaha akan menjadi sia-sia apabila kita tidak
memiliki jalan yang jelas untuk sukses.
Orang-orang yang efisian tahu mereka harus meluangkan waktu untuk riset dan
membuat perencanaan langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan untuk
mencapai sukses secara konsisten. Ya, memang merencanakan membutuhkan waktu.
Tapi adanya tantangan, proses, dan tanggungjawab di awal akan membuat arah yang
jelas dengan tim. Dengan komunikasi yang baik, setiap orang dapat bekerja
dengan percaya diri dan efisien untuk mencapai semua target yang telah
ditetapkan.
Share from: http://hot.yukbisnis.com/efisien/
0 komentar:
Posting Komentar