MUHASABAH akhir tahun 1434 Hijriyah


MUHASABAH
For the Last Year 1434 H
By. Moh. Imam Hidayat, S.HI

Berikut ini ada 36 PERTANYAAN yang bisa kita jadikan bahan untuk muhasabah harian, silahkan dijawab dengan sejujur-jujurnya karena tidak akan ada yang jadi penilai selain anda sendiri dan Allah SWT.

ONE
1.      Apakah anda setiap hari selalu shalat shubuh berjamaah di masjid ? (bagi ikhwan)
2.      Apakah anda selalu menjaga shalat yang 5 waktu berjamaah di masjid ? (bagi ikhwan)
3.      Apakah anda hari ini membaca Al-Quran?
4.      Apakah anda rutin membaca dzikir setelah selesai melaksanakan shalat wajib?
5.      Apakah anda selalu menjaga shalat sunnah rawatib sebelum dan sesudah shalat wajib?
6.      Apakah anda hari ini khusyu dalam shalat, menghayati apa yang anda baca?
7.      Apakah anda hari ini mengingat mati dan kubur?
8.      Apakah anda hari ini mengingat hari kiamat, segala peristiwa dan kedahsyatannya?
9.      Apakah anda telah memohon kepada Allah sebanyak 3 kali agar dimasukkan ke dalam syurga?
10.  Apakah anda telah meminta perlindungan kepada Allah sebanyak 3 kali agar diselamatkan dari api neraka? Karena: “Barang siapa yang memohon syurga kepada Allah sebanyak 3 kali, Syurga berkata, “Wahai Allah! Masukkanlah ia ke dalam syurga”, dan barang siapa yang meminta perlindungan kepada Allah agar diselamatkan dari api neraka sebanyak 3 kali, Neraka berkata, “Wahai Allah! Selamatkan ia dari api neraka”.” (Shahih Al-Jami? No. 6151 Jilid 6)

TWO
11.  Apakah anda hari ini membaca hadits Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam?
12.  Apakah anda pernah berfikir untuk menjauhi teman-teman yang tidak baik?
13.  Apakah anda telah berusaha untuk menghindari banyak tertawa dan bergurau?
14.  Apakah anda hari ini menangis karena takut kepada Allah?
15.  Apakah anda selalu membaca dzikir pagi dan sore hari?
16.  Apakah anda hari ini telah memohon ampun kepada Allah atas dosa-dosa yang telah anda perbuat?
17.  Apakah anda telah memohon kepada Allah dengan benar untuk mati syahid? Karena Rasulullah shallallahu ?alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa yang memohon kepada Allah dengan benar untuk mati syahid, maka Allah akan memberikan kedudukan sebagai syuhada meskipun ia meninggal di atas tempat tidurnya.” (HR. Muslim)
18.  Apakah anda telah berdoa kepada Allah agar Ia menetapkan hati anda di atas agama-Nya?
19.  Apakah anda telah mengambil kesempatan untuk berdoa kepada Allah di waktu-waktu yang mustajab?
20.  Apakah anda telah membeli buku-buku islam untuk memahami islam? (Tentu dengan memilih buku-buku yang sesuai dengan pemahaman yang diikuti oleh para sahabat Nabi, karena banyak juga buku-buku Islam yang tersebar di pasaran justru merusak pemahaman Islam yang benar).

THREE
                                  
21.  Apakah anda memintakan ampun kepada Allah untuk saudara-saudara mukminin dan mukminah? Karena dengan mendo?akan mereka anda mendapat kebaikan pula. (Shahih Al-Jami? No. 5902)
22.  Apakah anda telah memuji Allah dan bersyukur kepada-Nya atas nikmat Islam?
23.  Apakah anda telah memuji Allah dan bersyukur kepada-Nya atas nikmat mata, telinga, hati dan segala nikmat lainnya?
24.  Apakah hari ini anda telah bersedekah kepada fakir miskin dan orang-orang yang membutuhkan?
25.  Apakah anda dapat menahan amarah yang disebabkan karena urusan pribadi dan berusaha untuk marah karena Allah semata?
26.  Apakah anda telah berusaha untuk selalu menjauhkan diri dari sikap sombong dan membanggakan diri?
27.  Apakah anda telah mengunjungi saudara-saudara seiman dan seagama (ikhlas karena Allah semata)?
28.  Apakah anda telah berdakwah untuk keluarga, saudara-saudara, tetangga, dan siapa saja yang yang ada hubungannya dengan diri anda?
29.  Apakah anda termasuk orang yang berbakti kepada orang tua?
30.  Apakah anda selalu mengucapkan “Innaa Lillaahi wa Innaa Ilaihi Raajiuun”.  Sesungguhnya kami kepunyaan Allah dan sesungguhnya kami kembali kepada-Nya” jika anda mendapat musibah dari Allah? Karena Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda: “Hendaklah masing-masing kalian melakukan istirja? (mengucapkan Innaa Lillaahi wa Innaa Ilaihi Raaji?uun) pada setiap hal meskipun ketika tali sandalnya putus karena hal itu termasuk musibah.” (Hadits hasan, lihat Shahih Al-Kalimut Thayyib No. 140)

FOUR
31.  Apakah anda hari ini mengucapkan doa: “Allahumma Innii Auudzubika an Usyrikabika wa Anaa Alam wa Astaghfiruka Limaa laa Alam”. Ya allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari menyekutukan-Mu sedangkan aku mengetahui dan aku memohon ampunan-Mu terhadap apa-apa yang tidak aku ketahui.” (Shahih Al-Jami No. 3625). Barang siapa yang mengucapkannya maka Allah akan menjauhkan darinya dari syirik besar dan syirik kecil.
32.  Apakah anda selalu berbuat baik kepada tetangga?
33.  Apakah anda telah membersihkan hati dari sombong, riya, hasad dan dengki?
34.  Apakah anda telah membersihkan lisan anda dari perkataan dusta, mengumpat, mengadu domba, berdebat kusir dan berbuat serta berkata yang tidak ada manfaatnya?
35.  Apakah anda selalu takut kepada Allah dalam hal penghasilan, makanan, minuman dan pakaian?
36.  Apakah anda selalu bertaubat kepada Allah dengan taubat yang sebenar-benarnya di segala waktu atas segala dosa dan kesalahan?

FIVE
10 Nasehat dari Hasan Al-Banna:
1.      Bangunlah segera untuk melaksanakan solat apabila mendengar azan walau bagaimanapun keadaanmu.
2.      telaah dan dengarkanlah al- Qur'an, berzikirlah kepada Allah dan janganlah engkau senang menghambur-hamburkan waktumu dalam masalah yang tiada faedahnya. 

3.   Bersungguh-sungguh untuk berbicara dalam bahasa arab yang fasih. (InsyaAllah, mahirkan bahasa Indonesia dahulu kerana medium dakwah kita yang paling utama di Indonesia ialah umat islam Indonesia. Tetapi harus diingat, bahasa arab juga penting kerana ia adalah bahasa Al Quran)
4.      Jangan memperbanyak debat dalam percakapan karena itu tidak akan mendatangkan kebaikan.
5.      Jangan banyak tertawa karena hati yang selalu berkomunikasi (berzikir) dengan Allah sifatnya aman dan tenteram.
6.      Jangan suka bergurau karena umat yang berjihad akan sentiasa berusaha bersungguh-sungguh.
7.      Jangan mengeraskan suara di atas suara yang diperlukan pendengar, karena hal itu akan menganggu dan meyakiti.
8.      Jauhilah ghibah (mengumpat) atau menyakiti hati orang lain dalam bentuk apa pun dan janganlah berbicara kecuali yang baik.
9.      Berkenalanlah dengan setiap saudara yang saudara temui karena asas dakwah kita adalah saling kenal-mengenal dan berkasih sayang.
10. Pekerjaan utama kita adalah tertumpu pada waktu yang tersedia, maka tolonglah saudaramu untuk memanfaatkan waktunya, dan apabila kalian mempunyai keperluan maka sederhanakanlah dan cepatlah diselesaikan.
SIX
PESAN QUR’ANI SAYYID QUTB (Mualif Tafsir Fi Dzilalil Qur’an):
Kebahagiaan yang sesungguhnya aku rasakan adalah ketika aku merasa yakin bahwa aku telah meninggalkan sesuatu yang berharga bagi penerusku. [Sayyid Qutb}

Rasulullah SAW ingin menciptakan suatu generasi yang bersih jiwanya, bersih otaknya, bersih konsepsinya, bersih pemikirannya, bersih kejadiannya dari setiap pengaruh lain, selain dari metode Ilahi yang dikandung oleh Al Qur’an.

Mereka, generasi pertama itu, memandang Al Qur’an bukan untuk tujuan menambah pengetahuan atau memperluas pandangan. Bukan untuk tujuan menikmati keindahan sastranya dan menikmati rasa nikmat yang ditimbulkannya. Tidak ada di antara mereka yang mempelajari Al Qur’an untuk menambah perbendaharaan ilmu hanya karena ilmu saja. Bukan untuk menambah perbendaharaannya dalam masalah ilmu pengetahuan dan ilmu fiqh. Sehingga otaknya menjadi penuh.

Mereka mempelajari Al Qur’an untuk menerima perintah Allah tentang urusan pribadinya, tentang urusan golongan dimana ia hidup, tentang persoalan kehidupan yang dihidupinya, ia dan golongannya. Ia menerima perintah itu untuk segera dilaksanakan setelah mendengarnya. Persis sebagaimana prajurit di lapangan menerima ‘perintah harian’nya untuk dilaksanakan segera setelah diterima.

Karena itu, tidak seorang pun yang minta tambah perintah sebanyak mungkin dalam satu pertemuan saja. Karena ia merasa hanya akan memperbanyak kewajiban dan tanggung jawab di atas pundaknya. Ia merasa puas dengan kira-kira sepuluh ayat saja. Dihafal dan dilaksanakan. Sebagaimana tersebut dalam hadits Ibnu Mas’ud, yang disebutkan oleh Ibnu Katsir dalam Pendahuluan buku tafsirnya.
Bagaimana dengan Anda?

______________________ end.
“Akhi muslim, jawablah pertanyaan-pertanyaan di atas dengan perbuatan nyata, agar engkau mendapat ridla Allah Subhanallahu Wata’ala dan menjadi orang-orang yang beruntung di dunia dan di akherat, Insya Allah.”
__________________
Sumber:
Zaadul Muslim Al-Yaumi , Syaikh Abdullah bin Jaarullah bin Ibrahim Al-Jaarullah .
Al-Qabru ‘Adzaabuhu wa Na’iimuhu, Syaikh Husain Al-‘Awaisyah

Info Pemesanan: 085645848885 (gratis)
Special Only For Muslimin in last 2012 Masehi

0 komentar:

Posting Komentar

midason creative product. Diberdayakan oleh Blogger.

Midason Website Translator

Sebarkan Kebaikan

Bila ada manfaat dalam tulisan di blog ini, silahkan share ke teman. Klik link di bawah (Share It). Thanks

IKRAR PERJUANGAN

Siapa yang banyak tertawa, wibawanya merosot. Siapa yang banyak bercanda, niscaya diremehkan. Siapa yang banyak bicara, banyak dustanya. Siapa yang banyak dustanya, Siapa yang sedikit malunya, tipis wara'nya. Siapa yang tipis wara'nya, mati hatinya. Mulailah sekarang juga untuk melangkah..... menuju tujuan Anda.... meskipun selangkah demi selangkah, tetapi akan membawa Anda ke tujuan... namun pastikan arah yang Anda tempuh benar... Pastikan Setiap Detik Hidup Anda Bertambah Ma'rifah. Baik Mengenal Allah (Ma'rifatullah), Rasulullah, Al-Islam, Al-Qur'an, Insan, Bisnis, Politik, Da'wah dan Jihad. Itulah Cara yang Sesungguhnya.

Jalan Menuju Surga

Jalan Menuju Surga
Ikutilah...!

About Me..!

Foto saya
Smart Muslim and Profesional !!!

midason program

midason program
Mari mendesain n berkreasi Secanggih mungkin untuk ketinggian Islam!!!

CONTACT PERSON

  • 085645848885

Followers

DATA PENGUNJUNG