Pembelajaran Aqidah Akhlak Berbasis Teknologi

 Penulis/Sumber: Budi Santosa
Akhlak itu standarnya Qur'an

Perkembangan metode pembelajaran dalam proses transfer of knowledge (baca : pemindahan pengetahuan) oleh tenaga pendidik kepada para peserta didik terus mengalami perubahan seiring kompleksitas dan tuntutan tujuan pencapaian pembelajaran, untuk itu metode pembelajaran sampai hari ini, meminjam istilah Amin Abdullah on going proses and on going formation sehingga masih mencari dan mengevaluasi formula yang pas untuk menciptakan metode pembelajaran yang tepat. Perkembangan kemajuan teknologi dan informasi telah banyak merubah wajah kehidupan manusia tak terkecuali dunia pendidikan, lembaga pendidikan kemudian berupaya mendesain struktur kurikulum, system pendidikan dan metode pembelajaran yang efektif dan efisien untuk meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas (Sudjatmiko,2003). Perkembangan metode pembelajaran yang terkini sering kali disebut dengan metode pembelajaran PAIKEM singkatan dari pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan, ada juga yang memodifikasi model pembelajaran ini dengan nama PAIKEM GEMBROT pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan, gembira dan berbobot, Supriatna lebih setuju menyebutnya sebagai prinsip-prinsip belajar bukan sebagai metode pembelajaran, Ia juga menjelaskan bahwa prinsip-prinsip belajar ini sebenarnya berawal dari perubahan paradigma yang saat ini sedang menggejala di dunia pendidikan, perubahan itu adalah dari teachers centred menjadi students centred atau pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

Mendidik Akhlak Tidak Cukup Hanya dengan Buku

Berkaitan dengan hal di atas, pertanyaannya adalah bagaimana menerapkan prinsip-prinsip PAIKEM untuk mata pelajaran Aqidah Akhlak? Aqidah akhlak sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada tingkat satuan pendidikan madrasah tsanawiyah dan madrasah aliyah selama ini belum menyentuh atau “meminta bantuan teknologi” secara maksimal untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik tentang materi-materi pelajaran aqidah akhlaq, dengan kata lain guru hanya memanfaatkan buku bahan ajar yang hanya cukup dijelaskan dengan cara berceramah dengan harapan peserta didik mampu memahami, menghayati dan mengejawantahkan hasil pemahaman dan penghayatan materi bahan ajar.

Menurut hemat penulis metode pembelajaran ceramah untuk mata pelajaran aqidah akhlak yang digunakan selama ini masih kurang sempurna, sebab memahami sesuatu hanya dengan memanfaatkan indra pendengaran tanpa melibatkan indra pengelihatan akan kurang menarik, membosankan dan kurang berbekas. Materi mata pelajaran aqidah akhlak pada dasarnya lebih banyak “bersenggolan” dengan hal-hal yang bersifat abstrak, misalnya materi tentang aqidah peserta didik diminta meyakini keberadaan Allah.SWT, keberadaan rasul-rasulNYA, keberadaan malaikat-malaikatNYA dan seterusnya. Padahal materi tentang aqidah ini bisa dijelaskan kepada peserta didik dengan memperlihatkan bukti-bukti penciptaan alam semesta dengan rangkaian yang sangat rumit yang mana hanya ada satu zat yang bisa mengatur dan menciptakan alam semesta tanpa kesalahan sedikitpun, bukti-bukti penciptaan ini diperlihatkan dan diperdengarkan kepada peserta didik dengan menggunakan media teknologi audio visual, seperti film-film documenter karya Harun Yahya misalnya, kemudian peserta didik diminta memberikan komentarnya terhadap apa yang didengar dan dilihat dari film-film documenter tersebut. Dengan demikian peserta tidak hanya dijejali dengan ceramah-ceramah guru tentang materi pelajaran yang berkaitan dengan keyakinan.

Demikian juga dengan aspek akhlak, seorang guru bisa memanfaatkan media audio visual untuk menjelaskan materi akhlak, misalnya peserta didik diminta memahami tentang keutamaan ta’awun atau tolong menolong, maka untuk materi ini peserta didik dapat “dihidangkan” film atau gambar yang menceritakan keutamaan orang yang suka menolong sesamanya. Kemudian peserta didik diminta menceritakan pengalaman mereka yang berkaitan dengan film-film atau cerita bergambar yang mereka lihat dan dengar. Dengan menggunakan metode pembelajaran aqidah akhlak berbasis teknologi ini menurut penulis lebih cepat diserap dan lebih berbekas bagi peserta didik, tentunya harus tetap berpijak pada kompetensi dasar dan standar kompetensi yang terdapat pada buku bahan ajar aqidah akhlak serta memperhatikan alokasi waktu pembelajaran. Penerapan model pembelajaran ini harus disertai dengan peran guru untuk mengarahkan, membimbing dan mengatur peserta didik agar benar-benar menyimak dengan baik setiap tayangan yang diberikan agar peserta didik tidak terlena dengan tayangan video dan melupakan pesan-pesan yang disampaikan dalam tayangan tersebut. Semoga pembelajaran aqidah akhlak bebasis teknologi ini dapat membantu para guru madrasah khususnya guru mata pelajaran aqidah akhlak, selamat mencoba…!

*Penulis adalah Mahasiswa Pascasarjana IAIN Walisongo Semarang Konsentrasi Studi Islam Prodi Aqidah Akhlak dan staf divisi pendidikan di yayasan nusatenggara center mataram

midason creative product. Diberdayakan oleh Blogger.

Midason Website Translator

Sebarkan Kebaikan

Bila ada manfaat dalam tulisan di blog ini, silahkan share ke teman. Klik link di bawah (Share It). Thanks

IKRAR PERJUANGAN

Siapa yang banyak tertawa, wibawanya merosot. Siapa yang banyak bercanda, niscaya diremehkan. Siapa yang banyak bicara, banyak dustanya. Siapa yang banyak dustanya, Siapa yang sedikit malunya, tipis wara'nya. Siapa yang tipis wara'nya, mati hatinya. Mulailah sekarang juga untuk melangkah..... menuju tujuan Anda.... meskipun selangkah demi selangkah, tetapi akan membawa Anda ke tujuan... namun pastikan arah yang Anda tempuh benar... Pastikan Setiap Detik Hidup Anda Bertambah Ma'rifah. Baik Mengenal Allah (Ma'rifatullah), Rasulullah, Al-Islam, Al-Qur'an, Insan, Bisnis, Politik, Da'wah dan Jihad. Itulah Cara yang Sesungguhnya.

Jalan Menuju Surga

Jalan Menuju Surga
Ikutilah...!

About Me..!

Foto saya
Smart Muslim and Profesional !!!

midason program

midason program
Mari mendesain n berkreasi Secanggih mungkin untuk ketinggian Islam!!!

CONTACT PERSON

  • 085645848885

Followers

DATA PENGUNJUNG